-->

NAMA SISWA YANG REMIDIAL SAS - SEJARAH AGAMA HINDU DAN BUKTI PENINGGALANNYA

Kali ini Pojok Soal akan membagikan DAFTAR NAMA SISWA KELAS 7 DAN 8 YANG IKUT REMEDIAL MAPEL PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BP, dan buka menu untuk mendowload file pdfnya, jangan lupa buka versi webnya untuk mempermudah pecarian soal trima kasih, semoga bermamfaat bagi kita semua.

picture by pixabay.com

CEK NAMA SISWA REMIDIAL  DIBAWAH INI

SEJARAH AGAMA HINDU DAN BUKTI PENINGGALANNYA
Sejarah agama Hindu di Indonesia dimulai pada awal abad pertama Masehi dengan masuknya pengaruh budaya dan agama dari India melalui jalur perdagangan maritim. Hindu pertama kali masuk ke Indonesia melalui pelabuhan-pelabuhan dagang di pantai barat Sumatra dan Jawa.

Selama berabad-abad, agama Hindu berkembang dan membentuk beberapa kerajaan besar di Nusantara, seperti Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur, yang merupakan salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia, didirikan pada abad ke-4 Masehi. Kerajaan Tarumanagara di Jawa Barat juga merupakan salah satu kerajaan Hindu yang berpengaruh pada abad ke-5 dan ke-6 Masehi.

Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah dan Kerajaan Majapahit di Jawa Timur merupakan puncak kejayaan Hindu di Indonesia. Kerajaan Majapahit, yang berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-15, merupakan salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh di Asia Tenggara, dengan agama Hindu sebagai agama utama.

Bukti peninggalan Hindu di Indonesia meliputi banyak candi dan prasasti, antara lain:

Candi Prambanan: Kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, terletak di Jawa Tengah, dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.
Candi Dieng: Kompleks candi di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, yang diperkirakan dibangun pada abad ke-7 hingga ke-8 Masehi.
Candi Penataran: Candi Hindu terbesar di Jawa Timur, dibangun oleh Kerajaan Kediri dan dilanjutkan oleh Kerajaan Majapahit.
Prasasti Mulawarman: Prasasti yang ditemukan di Kutai, Kalimantan Timur, yang mencatat keberadaan Kerajaan Kutai dan raja Mulawarman.
Candi Sukuh dan Candi Cetho: Candi-candi Hindu yang berada di lereng Gunung Lawu, Jawa Tengah, dan dibangun pada masa akhir Majapahit pada abad ke-15 Masehi.

Peninggalan-peninggalan ini tidak hanya mencerminkan kemajuan budaya dan seni, tetapi juga memberikan gambaran tentang kehidupan religius dan sosial masyarakat pada masa itu. Hingga kini, Bali tetap menjadi pusat Hindu di Indonesia, dengan mayoritas penduduknya menganut agama Hindu dan terus melestarikan tradisi serta budaya Hindu.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter