-->

DOWNLOAD ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN- Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti - KURIKULUM MERDEKA

ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti


picture by pixabay.com

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik pemetaan capaian pembelajaran dibagi dalam fase usia.

Pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan. Harus dipastikan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran yang dipetakan memenuhi kriteria berikut ini.

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran yang ideal terdiri dari dari 2 komponen, yaitu sebagai berikut:

Kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran.

 

2. Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran

Alur tujuan pembelajaran (ATP) atau urutan pembelajaran adalah komponen untuk menyusun silabus. ATP di Kurikulum Merdeka nanti diharapkan dapat membantu satuan pendidikan.

Pendidik mengembangkan langkah-langkah atau alur pembelajaran berdasarkan Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan. Adapun kriteria alur pembelajaran di Kurikulum Merdeka adalah dijelaskan sebagaimana uraian berikut ini.

Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik;

Alur tujuan pembelajaran dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase;

Alur tujuan pembelajaran pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antarfase dan jenjang.

Dalam merumuskan tujuan pembelajaran pendidik merujuk pada kompetensi yang tercantum pada CP. Merumuskan kalimat tujuan pembelajaran dapat mengambil referensi dari berbagai sumber atau memadukan tujuan pembelajaran dari berbagai kurikulum.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter