-->

SOAL SEJARAH KELAS 10 SEMESTER 2 TERBARU (pembrontakan APRA dan ANDI AZIS)

Kali ini Pojok Soal akan membagikan pekiraan/prediksi soal-soal USBN dan UNBK terbaru, jangan lupa buka versi webnya untuk mempermudah pecarian soal trima kasih, semoga bermamfaat bagi kita semua.

Mata, Cat Air, Seni, Sketsa


TUGAS SEJARAH

1. Apakah ada keterkaitan antara motif pemberontakan APRA DAN ANDI AZIS?Jelaskan!
Jawab :
Keterkaitan antara motif pemberontakan APRA dan ANDI AZIS yaitu pada pemberontakan APRA diawali dari pembentukan APRIS yang menimbulkan ketegangan antara TNI dan bekas tentara KNIL Ditambah dengan pertentangan politik antara kelompok yang ingin mempertahankan bentuk negaar bagian (yang didukung oleh APRA yang terdiri dari bekas tentara KNIL) dan kelompok yang menginginkan kesatuan (didukung oleh TNI). Sehingga hal tersebut memicu terjadinya pemberontakan ANDI AZIS yaitu gerombolan yang dipimpinnya menolak masuknya pasukan APRIS dari TNI. Dalam pemberontakan ini sama sama digolongkan sebagai peristiwa yang terjadi karena adanya pergolakan kepentingan atau vested interes,baik itu APRA dan ANDI AZIS adalah bagian dari KNIL yang tak sejalan dengan kehadiran APRIS.

2. Mengapa di negara federal pasukan KNIL tidak mau diganti dengan pasukan APRIS?
Jawab :
Di negara federal pasukan KNIL tidak mau diganti dengan pasukan APRIS karena mereka adalah bekas lawan perang sehingga para anggota setiap pasukan, secara nurani, menolak dileburkan untuk menjadi satu.

3. Apa contoh  operasi militer yang dilakukan untuk meredam pemberontakan DI/TII di Aceh?
Jawab :
Upaya pemerintah untuk meredam pemberontakan DI/TII Aceh adalah dengan mengerahkan kekuatan senjata. Namun upaya ini kemudian diubah atas saran Kol. M. Yasin. Kemudian terjadilah musyawarah Kerukunan Rakyat Aceh, dimana wilayah ini mendapat keistimewaan. Keistimewaan ini berhasil meredam pemberontakan DI/TII.

4. Mengapa tokoh DI/TII Amir Fatah menganggap pemerintah dan TNI sudah terpengaruh oleh persepsi yang menjurus ke komunisme?
Jawab :
Tokoh DI/TII Amir Fatah menganggap pemerintah dan TNI sudah terpengaruh oleh persepsi yang menjurus ke komunisme karena:
1. Majelis Islam (MI) yang telah dibina Amir Fatah sejak sebelum agresi militer II, harus diserahkan kepada TNI dibawah Mayor Wongsoatmojo. 
2. Adanya perintah penangkapan dirinya oleh Mayor Wongsoatmojo. Ini menyebabkan Amir Fatah beranggapan pemerintah dan TNI tidak menghargai perjuangan Amir Fatah dan pendukungnya, bahkan dianggap telah mengganggu perjuangan umat Islam/bersebrangan dengan ideologi Islam yang didukungnya.

5. Apakah DI/TII bagian dari misi terselubung dari organisasi Islam atau aliran Islam internasional dalam operasinya?jelaskan!
Jawab :
Tidak, karena DI/TII hanya bersifat nasional dan pendukungnya pun bukan dari pihak negara Belanda, hanya orang Belanda biasa yang mempunyai perkebunan dan sebagian kecil rakyat Jawa Barat, dan DI/TII hanya ingin membuat undang-undang berdasarkan syari'at Islam.
                      





Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter