-->

Soal Bahasa Indonesia kelas 8 Semester 2 K 13

Post a Comment
Baca juga

1. SOAL SMP KELAS 7 SEMUA MAPEL

2. SOAL SMP KELAS 8 SEMUA MAPEL

3. SOAL SMP KELAS 9 SEMUA MAPEL

4. SOAL SD SEMUA MAPEL

5. DOWNLOAD SOAL UN SD

Anak Laki Laki, Buku, Reding, Anak, Sekolah, Pendidikan



SOAL BAHASA INDONESIA KELAS 8 SEMESTER 2 K 13


A.Pilihlah A, B, C, dan D yang anda anggap paling benar !

1.Bagian identitas pada ulasan film terdiri atas ....
A.Judul film, sutradara, dan nama produser
B.Judul film, pemain, dan harga tiket
C.Durasi, tahun produksi, dan jumlah penonton
D.Sinopsis, data publikasi dan penilaian

2.Perhatikan kalimat berikut!
Film yang baik adalah film yang kemasan dan gagasannya saling mendukung.

Film yang baik adalah film yang kemasan dan gagasannya saling mendukung.
Maksud kalimat tersebut adalah ....
A.Film yang baik menggunakan gambar yang bagus dan megah
B.Sebuah film dikatakan bermutu apabila didukung kemasan dan gagasan
C.Film yang baik terdiri atas kemasan dan gagasan
D.Pengambilan latar film harus mendukung ide ceritanya

3.  Bacalah teks berikut!
Beliau mendapat gelar Diploma Ing, dari technische Hochscole, Jerman tahun 1960 dengan predikat Coumlaude (Sempurna) dengan nilai rata-rata 9.5, dengan gelar insinyur, beliau mendaftar diri untuk bekerja di Firma Talbot, sebuah industri kereta api Jerman. Pada saat itu Firma Talbot membutuhkan sebuah wagon yang bervolume besar untuk mengangkut barang-barang yang ringan tapi volumenya besar.
Isi penggalan teks ulasan tersebut adalah ....
A. Memperkenalkan sosok B.J Habibie dan jabatannnya
B. Memperkenalkan pendidikan B.J Habibie
C. Memperkenalkan B.J Habibie mantan menteri Riset dan Teknologi
D. Memperkenalkan B.J Habibie Presiden RI ketiga

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5!

Teks I
Film Sang Pemimpi adalah film yang sangat bagus. Film Sang Pemimpi merupakan kelanjutan dari film Laskar Pelangi. Film itu menceritakan tentang perjalanan Ikal, Arai, dan Jimbron pada saat di bangku Sekolah Menengah Atas. Mereka sekolah sambil bekerja untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Cerita itu diselingi dengan kisah kerinduan Ikal kepada A Ling, serta perjuangan cinta Arai kepada teman sekelasnya Zakiah Nurmala yang tampaknya bertepuk sebelah tangan.

Teks II
Adapun Jimbron berusaha membuat Laksmi tersenyum kembali setelah membuat kecelakaan kapal yang menewaskan anggota keluarganya. Mereka bertiga berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi untuk mewujudkan impiannya. Dalam Film Edensor, Lukman Sardi memerankan tokoh Ikal dengan sangat baik. Dia memerankan sosok Ikal yang polos dan bersahabat. Begitupun dengan Abimana, ia memerankan sosok Arai yang selalu optimis dengan sangat bagus. Mereka sukses memerankan tokoh Ikal dan Arai dengan baik, sehingga Film Edensor menarik untuk ditonton.
4.Kesamaan yang terdapat dalam kedua teks ulasan tersebut adalah ....
A.Menyampaikan keunggulan film
B.Menyampaikan kelemahan film
C.Mengkritisi tentang alur
D.Mengkritisi tentang penokohan

5.Aspek yang membedakan kedua teks tersebut adalah ....
A.Teks I menyoroti penokohan, sedangkan teks II menyoroti alur
B.Teks I menyoroti alur, sedangkan teks II menyoroti penokohan
C.Teks I merupakan pendahuluan, sedangkan teks II merupakan simpulan
D.Teks I berupa pendapat, sedangkan teks II berupa fakta

6.Cermati paragraf rumpang dibawah ini!
Beni, Reni dan Bambang bermaksud ke rumah Pak Ramli, gurunya. […] sepakat berangkat Minggu pagi pukul 07.00 agar bias bertemu dengan Pak Ramli. Namun sayang, begitu sampai di rumah Pak Ramli, keadaan sepi. […] pergi pagi sekali.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang di atas adalah ....
A.Kami, dia
C.Mereka, beliau
B.Mereka, dia
D.Kami, beliau

7.Perhatikan kutipan cerpen berikut!
(1)Betapa gembiranya Gita. (2) saat pulang sekolah, ia mendapat tawaran dari pamannya untuk bersekolah di Jakarta. (3) Bagaimanapun hidup di Jakarta harus berjuang. (4) Jakarta adalah sebuah kota besar yang selama ini ia impikan.
Bukti bahwa latar waktu cerpen di atas pada siang ini ditunjukkan pada kalimat nomor....
A. (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)

8.Berikut ini yang tidak termasuk langkah-langkah menulis teks ulasan karya sastra adalah.…
A.Menentukan jenis karya sastra yang akan diulas
B.Menentukan bagian yang menarik dari karya sastra
C.Menaksir harga buku
D.Menilai isi karya sastra yang diulas

9.Bacalah kutipan novel berikut!
       Gulungan ombak yang datang dari tengah lautan, setelah sampai di tepi pantai bergulung kembali ke tengah lautan. Takjubnya aku tidak dapat dielakkan karena permainan ombak itu merupakan suatu permainan masa. Bukankah begitu perjalanan zaman tersebut?
Amanat kutipan novel tersebut adalah....
A.Gulungan ombak datang dari tengah lautan silih berganti.
B.Ombak bergulung-gulung ke tengah lautan tak terelakkan
C.Takjubnya aku tidak dapat dielakkan oleh gulungan ombak.
D.Kehidupan itu akan berubah-ubah sesuai zamannya.

10. Perhatikan penggalan ulasan di bawah ini!
        Novel karya Armijn Pane dengan tebal 150 halaman ini mempunyai sejarah yang menggemparkan. Cerita ini pernah ditolak oleh Balai Pustaka, ramai dipuji dan dicela. Akan tetapi, akhirnya tak urung menjadi salah satu novel klasik modern Indonesia yang harus dibaca oleh orang terpelajar Indonesia.
Kalimat ulasan yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah .....
A.Identitas buku adalah karya Armijn Pane dan tebal 150 halaman.
B.Dia seorang pengarang yang sering mendapat penghargaan.
C.Buku ini sangat baik dibaca oleh pelajar Indonesia
D.Novel ini menceritakan cerita klasik Indonesia, tetapi modern.

11.Sebuah paragraf yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya untuk melakukan sesuatu seperti apa yang disampaikan oleh penulis disebut paragraf .....
A.Eksposisi
C. Argumentasi
B.Persuasi
D.  Pantun

12.Bacalah teks berikut!
Marilah kita sama-sama dengan mengajak seluruh orang-orang terdekat kita untuk pergi ke TPS dan memilih calon presiden kita. Ingat, lima menit yang kita berikan untuk memilih calon presiden kita, akan sangat menentukan nasib bangsa ini selama lima tahun ke depan.
          Kata yang mengandung ajakan terdapat pada kata ....
A.Berikan
C. Mengajak
B.Marilah
D. Menentukan

13.Fungsi persuasi advertensi adalah …
A.Untuk membujuk
B.Untuk memengaruhi calon konsumen
C.Untuk memahami isi teks
D.Untuk mengetahui maksud teks

14.Bacalah teks berikut!
Moderator mempersilakan pemerasaran, permerasaran berpendapat bahwa rokok merupakan teman akrab yang merugikan bagi pengisap atau pecandu. (1)Sebab dengan merokok, kesehatan kita dirongrong pelan-pelan sehingga nantinya dapat mengurangi usia kita. (2) Selain itu, menambah pengeleuaran yang seharusnya ditabung untuk hari esok. (3) Oleh karena itu, kurangi atau berhentilah merokok! (4)
Kalimat persuasif dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat ....
A.(1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

15.Berikut unsur kebahasaan terdapat dalam teks persuasi, kecuali …
A.Bersifat mengajak dan memengaruhi
B.Dicirikan dengan adanya kata-kata persuasi
C.Diakhiri dengan tanda baca seru (!)
D.Diakhiri dengan kalimat tanya

16.Teks persuasi yang sering dipakai dalam kegiatan kampanye biasanya berupa informasi dan ajakan disebut persuasi …
A.Pendidikan
C. Propaganda
B.Advertensi
D. Politik

17.Bacalah teks berikut!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
Simpulan yang tepat untuk teks tersebut adalah ....
A.Kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan.
B.Harga rokok di luar negeri sangat mahal bahkan setara dengan pendapatan buruh.
C.Orang Cina menghabiskan rokok lebih banyak daripada makanan dan kebutuhan pokok.
D.Di Malaysia harga rokok mencapai 20 ringgit setiap batangnya.

18. Kalimat berikut yang merupakan pendapat adalah ….
A.Sepuluh persen siswa di SMP YPU tepat waktu dalam kehadiran.
B.Banyak siswa tingkat menengah melakukan bolos bahkan kabur dari sekolah.
C.Ujian Nasional dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.
D.Siswa SMP YPU melaksanakan simulasi UN hari ini.

19. Bacalah penggalan teks berikut ini!
Teman-teman, jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali untuk kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.
Paragraf tersebut merupakan teks persuatif bagian struktur ….
A. Pengenalan isu
B. Rangkaian argumen
C. Pernyataan ajakan
D. Penegasan kembali

20. Bacalah teks berikut!
Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tetapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.
Kalimat yang digarisbawahi merupakan unsur kebahasaan teks persuatif, yaitu ….
A. Kalimat ajakan
B. Kalimat saran
C. Kalimat tanya
D. Kalimat seru




B.  Jawablah soal di bawah ini dengan singkat dan jelas!

21. Buatlah 2 kalimat ajakan!
22. Sebutkan jenis-jenis teks persuasif!
23. Sebutkan srtuktur teks persuasi!
24. Cermati penggalan ulasan berikut!
Buku sejarah ini juga punya kisah sejarahnya sendiri. Kisah itu dapat dibaca pada bagian pengantar. Sepenggal kisahnya, konon sebenarnya buku ini diperuntukkan untuk anak-anak. Hal itu tampak jelas dari kalimatnya yang pendek-pendek, antraktif, dan syarat akan narasi. Gaya penulisannya yang seolah-olah bertutur akan membuat pembaca seperti sedang didongengi langsung oleh Gombrich. Sayangnya, dibeberapa bagian, penerjemahan buku ini masih terasa kaku dan terasa betul tekstur terjemahannya. Namun, hal itu tidak terlalu mengganggu, karena tidak terlalu sering ditemui. Barangkali hanya orang-orang dengan tingkat tinggi kepekaan tertentu juga yang akan menemukannya.
Tuliskan bagian manakah yang merujuk pada keunggulan buku dalam kutipan ulasan diatas!
25. Sebutkan jenis karya yang dapat diulas!

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter