-->

KUNCI JAWABAN POS TES IHT SEKOLAH PENGGERAK

Post-Test In House Training PSP 2023
Total points29/45
Post test ini khusus untuk Peserta In-House Training PSP Angkatan 3 pada jenjang SMP

Post test ini merupakan salah satu evaluasi peserta In-House Training untuk mengukur seberapa pemahaman peserta setelah mendapatkan materi pengimbasan dari peserta Pelatihan Komite Pembelajaran. Jawablah sesuai dengan pemahaman Anda.
0 of 0 points
Nama Lengkap Peserta*
Ditulis tanpa gelar

NIP*
Bagi guru non-ASN diketik 0
0
Jenis Guru*
REFLEKSI KURIKULUM
4 of 5 points
Berikut ini yang merupakan acuan utama dalam pengembangan desain kurikulum adalah ...*
1/1
1. Dalam buku panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini memuat penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila.
2. Dalam buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dan asesmen hanya untuk satu jenjang.
3. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ini memuat analisis karakteristik satuan pendidikan, penyusunan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, pengorganisasian pembelajaran, perencanaan pembelajaran, serta pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional.
4. Dalam buku KOSP, sudah ditentukan sistematika yang baku dalam penyusunannya, sehingga satuan Pendidikan tidak diperkenankan untuk mengubah struktur KOSP.

Pilihlah pernyataan yang benar terkait karakteristik dari buku panduan pembelajaran dan asessmen, buku panduan KOSP dan buku panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah...
*
1/1
Pak Asep selaku kepala sekolah penggerak akan mengimplementasikan kurikulum merdeka, beberapa langkah awal yang bisa dilakukan adalah :
1.Mempelajari karakteristik dari kurikulum merdeka secara umum dan kebijakan perundangan yang terkait.
2.Menganalisis buku panduan KOSP, buku panduan pembelajaran dan asessmen serta buku panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
3.Membuat sendiri capaian pembelajaran.
4.Mewajibkan guru untuk mengimplementasikan Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila yang langsung menghasilkan produk.
5.Menyusun KOSP sesuai dengan karakteristik sekolah.

Pernyataan yang salah adalah ….
*
1/1
Pada struktur Kurikulum Merdeka terdiri dari dua kegiatan utama yaitu, pembelajaran intrakulikuler, dan projek penguatan profil pelajar pancasila.

Berikut ini manakah pernyataan yang tepat mengenai projek penguatan profil pelajar pancasila...
*
0/1
Pernyataan yang benar mengenai pembelajaran intrakurikuler adalah ....*
1/1
PEMBELAJARAN DAN ASESMEN
5 of 5 points
Urutkan proses berpikir dalam penyusunan rencana pembelajaran dan asesmen berikut dengan tepat:
1. Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran untuk satu fase berdasarkan Tujuan Pembelajaran
2. Memahami Capaian Pembelajaran
3. Merancang Pembelajaran
4. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
*
1/1
Peserta didik kelas 1 baru akan memulai pembelajaran mengenai konsep penjumlahan dalam pelajaran Matematika. Berikut adalah tindak lanjut yang sesuai dengan tahapan capaian belajar peserta didik, kecuali:*
1/1
Bu Ceria sedang merancang kegiatan pembelajaran dan asesmen untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Fase D. Berikut beberapa rencana kegiatan yang telah disusun Bu Ceria untuk membangun pemahaman peserta didiknya mengenai puisi. Urutkan kegiatan-kegiatan di bawah ini sehingga membentuk siklus asesmen yang tepat:
1. Peserta didik membacakan puisi hasil karyanya di depan kelas
2. Peserta didik mencari contoh puisi yang disukainya
3. Peserta didik mencari benda yang paling mewakili dirinya
4. Peserta didik menulis puisi mengenai benda yang paling mewakili dirinya
5. Peserta didik menerima umpan balik mengenai puisi karyanya dan diberi kesempatan untuk merevisi karyanya
6. Peserta didik membuat tulisan singkat mengenai apa yang dipahaminya mengenai puisi dan penilaian dirinya sendiri atas puisi karyanya
*
1/1
Dalam mata pelajaran Seni Rupa, peserta didik kelas 5 belajar mengenai bentuk dan bayangan. Pilihlah 2 rencana tindak lanjut yang dapat dilakukan bagi peserta didik yang sudah mengenal bentuk, namun belum memahami hubungannya dengannya dengan bayangan.
a. Peserta didik menggambar bentuk di atas kertas hitam, kemudian menggunting bentuk tersebut dan menempelkannya pada selembar kertas
b. Peserta didik menonton video singkat mengenai wayang kulit
c. Peserta didik menggambar bentuk yang disukainya
d. Peserta didik melipat kertas berwarna menjadi bentuk yang disukainya
*
1/1
Pilihlah pernyataan yang tepat mengenai umpan balik
a. Umpan balik harus diberikan sesering mungkin dan seketika saat peserta didik menyelesaikan tugasnya
b. Umpan balik hanya diberikan ketika peserta didik melakukan kesalahan/kekeliruan pemahaman
c. Umpan balik dapat diberikan secara lisan atau tulisan dan dapat diberikan kapan saja
d. Kemampuan guru memberikan umpan balik sangat memengaruhi pemahaman dan prestasi peserta didik
*
1/1
Pemahaman Capaian Pembelajaran (CP)
5 of 5 points
Mengapa CP dirancang dengan menggunakan metode "backward design"?*
1/1
Mengapa pembagian CP menggunakan sistem fase bukan kelas?*
1/1
Berikut ini merupakan CP Bahasa Indonesia Fase D, elemen membaca dan memirsa. "Peserta didik memahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari teks deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi dari teks visual dan audiovisual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat." Dari 4 pilihan berikut, yang merupakan bukti bahwa siswa telah memahami CP adalah...*
1/1
Pilihlah pernyataan yang tepat :
1) Pemahaman adalah hasil serangkaian proses pengalaman belajar seseorang yang sifatnya personal, unik, dan dinamis, tergantung pada pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan sekitar.
2) Jika mengacu kepada teori konstruktivisme, kemampuan memahami ada di level paling tinggi, berbeda jika mengacu pada Taksonomi Bloom yang menempatkan kemampuan memahami di level C2.
3) Untuk memahamkan suatu konsep, maka siswa perlu berlatih mengerjakan lebih banyak soal berulang-ulang.
4) Pemahaman adalah hasil serangkaian proses berlatih terus menerus (drilling) dan membutuhkan daya ingat dan daya tangkap tinggi.
*
1/1
Berdasarkan CP PJOK Fase C berikut ini : "Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan modifikasi berbagai aktivitas pola gerak dasar dan keterampilan gerak, dilandasi dengan penerapan konsep dan prinsip gerak yang benar, menerapkan konsep dan prinsip aktivitas untuk pengembangan kebugaran jasmani, serta pola perilaku hidup sehat, menunjukkan perilaku tanggung jawab personal dan sosial dalam jangka waktu yang lebih lama secara konsisten, serta meyakini nilai-nilai aktivitas jasmani." Apakah pelajaran paling bernilai dari CP tersebut yang dapat terus dibawa oleh siswa ke dalam hidupnya?*
1/1
Merancang Pembelajaran #1:  Menyusun Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
3 of 5 points

Ada beberapa istilah terkait proses pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, seperti: Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Capaian Pembelajaran (CP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Pilih pernyataan yang benar terkait istilah-istilah tersebut.
*
1/1
Berikut adalah sepenggal kalimat CP dari Bidang Studi IPAS untuk Fase C (kalimat CP digunakan untuk soal no 2 dan 3):  
Berdasarkan pemahamannya terhadap konsep gelombang (bunyi dan cahaya) peserta didik mendemonstrasikan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mendeskripsikan adanya ancaman krisis energi yang dapat terjadi serta mengusulkan upaya-upaya individu maupun kolektif yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan energi dan serta penemuan sumber energi alternatif yang dapat digunakan menggunakan sumber daya yang ada di sekitarnya.

Dari kalimat CP tersebut, pilih pernyataan yang kurang tepat:  
*
0/1
SD Baru Tumbuh adalah sekolah swasta yang lokasinya dekat dengan area pertambangan batu bara dan perkebunan kelapa sawit. Orangtua siswa sebagian besar bekerja di area pertambangan dan perkebunan.

SD Segara adalah sekolah swasta yang terletak di kaki gunung, mayoritas orangtua bekerja sebagai buruh tani. Lokasi SD Segara dekat dengan salah satu mata air yang jadi sumber kehidupan desa.

Manakah kalimat Tujuan Pembelajaran yang sudah memasukkan karakteristik sekolah secara spesifik di dalamnya? (mengacu pada potongan kalimat CP di nomor 2).  
*
1/1
Penyusunan ATP sebaiknya dilakukan bersama oleh guru-guru di fase terkait. Misalnya, guru kelas 1 dan kelas 2 menyusun ATP bersama, agar peningkatan kompetensi sesuai dengan pentahapan siswa. Hal ini merupakan penjelasan dari salah satu prinsip penyusunan ATP, yaitu...*
1/1
Perhatikan kalimat-kalimat Tujuan Pembelajaran berikut:
1) Mengklasifikasikan sumber-sumber energi alternatif.
2) Mengetahui macam-macam energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
3) Merancang program terkait penghematan energi di rumah dan lingkungan terdekat
4) Menganalisis pemakaian energi di rumah dan lingkungan sekitarnya

Urutan rangkaian Alur Tujuan Pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami topik energi secara utuh dan optimal adalah:  
*
0/1
Merancang Pembelajaran #2:  Menyusun Modul Ajar
3 of 5 points
Secara lengkap komponen modul ajar memuat banyak elemen yang tercantum di dalamnya. Namun dalam pelaksanaannya, guru diperbolehkan apabila hanya memuat komponen utama di dalam modul ajar. Komponen utama dalam modul ajar tersebut yaitu...*
0/1
Di bawah ini  yang bukan merupakan konsep yang tepat tentang kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, adalah...*
0/1
Bu Rizki merupakan seorang guru kelas 4 SDN Cerah Ceria. Mata pelajaran yang diajarkan oleh Bu Rizki adalah mata pelajaran matematika dengan materi KPK dan FPB. Asesmen awal apa yang bisa dilakukan Bu Rizki untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam materi tersebut yaitu...*
1/1
Pak Maulana mengajar di sebuah sekolah dasar yang berada di wilayah terluar Kalimantan. Beliau mencoba untuk menggunakan modul ajar yang dibuat oleh Bu Fenti dari Jakarta. Berikut adalah modifikasi yang dapat dilakukan oleh Pak Maulana agar modul  yang dipilih relevan dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa di dalam kelas.*
1/1
Media pembelajaran digunakan untuk mendukung terjadinya proses belajar yang optimal. Dalam pelaksanaaanya, guru harus mampu mengembangkan media dan bahan ajar secara optimal untuk mendukung terciptanya kegiatan pembelajaran yang maksimal. Berikut yang bukan merupakan point penting dalam pengembangan bahan ajar adalah...*
1/1
Menyusun Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan: Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan, Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan
4 of 5 points
Berikut merupakan prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan, kecuali*
1/1
Karakteristik satuan pendidikan yang dirumuskan berdasarkan hasil analisis konteks satuan pendidikan perlu menggambarkan keunikan sekolah yang meliputi hal-hal berikut, kecuali:*
1/1
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan perlu dijadikan sebagai dokumen yang bersifat:*
1/1
Sebelum proses perumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, perlu dilakukan proses analisis karakteristik dan lingkungan belajar satuan pendidikan. Dari pertanyaan-pertanyaan berikut, mana yang perlu digunakan untuk pengumpulan informasi saat proses analisis karakteristik dan lingkungan belajar satuan pendidikan?*
0/1
Salah satu dari pernyataan berikut menggambarkan tentang tujuan satuan pendidikan:*
1/1
Merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
5 of 5 points
Perhatikan pernyataan-pernyataan mengenai Profil Pelajar Pancasila berikut:

1. Terdiri dari 5 kompetensi yang merujuk pada setiap sila dalam Pancasila.
2. Merupakan pengertian dari pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila.
3. Terdiri dari 6 elemen yang saling berkaitan satu sama lain.
4. Merupakan bentuk penerjemahan tujuan pendidikan nasional.
5. Menjadi acuan utama untuk membangun karakter serta kompetensi peserta didik di jenjang Sekolah Dasar.
6. Dicapai melalui intrakurikuler, ekstrakurikuler, projek, dan budaya sekolah.

Pernyataan yang tepat ditunjukkan oleh nomor ....
*
1/1
Berikut adalah beberapa pernyataan mengenai projek penguatan profil pelajar Pancasila yang sering ditemukan di lapangan:

1. Projek profil harus menghasilkan produk untuk dipamerkan.
2. Kegiatan projek profil adalah integrasi dari berbagai mata pelajaran.
3. Sekolah dapat memodifikasi modul projek yang sudah disediakan oleh pemerintah.
4. Sudah ada projek profil, tidak perlu lagi ada pembelajaran berbasis projek di intrakurikuler.
5. Kegiatan projek profil tidak dapat dilakukan dalam satu atau beberapa pertemuan saja.

Pernyataan yang mengandung miskonsepsi ditunjukkan oleh nomor ....
*
1/1
Pada tahapan awal pelaksanaan projek profil, hal yang perlu dilakukan pada tahap merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah ....*
1/1
Simak ilustrasi berikut:

Sebuah sekolah yang terletak di daerah pedalaman yang kaya dengan perkebunan kopi sedang merencanakan kegiatan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Meski berada di pedalaman, masyarakat di sekitar sekolah sudah dapat menikmati fasilitas internet yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi. Fasilitas internet tersebut lebih banyak digunakan oleh pemuda pemudi desa untuk mengakses konten hiburan di media sosial. Secara demografis, masyarakat sekitar didominasi oleh usia produktif dari remaja hingga dewasa. Sebagian besar berprofesi sebagai petani dan sebagian kecilnya sebagai pekerja dan pedagang.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, ide projek manakah yang paling sesuai untuk dikembangkan?
*
1/1
Bentuk asesmen yang sesuai dengan prinsip pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah ....*
1/1
Apakah Anda seorang guru Bimbingan dan Konseling*
Asesmen Layanan Bimbingan Konseling
0 of 5 points
Pertanyaan ini khusus untuk guru yang bertugas sebagai guru Bimbingan dan Konseling di suatu sekolah
Penggolong-golongan seseorang berdasarkan hasil assesmen. Penggolongan ini termasuk kegiatan ....*
0/1
Analisis hasil need assessment dalam pelayanan bimbingan dan konseling digunakan untuk....*
0/1
Berikut adalah beberapa jenis instrumen non tes, kecuali :*
0/1
Tujuan dari kegiatan analisis Asesmen dalam bimbingan dan konseling adalah ....*
0/1
Hasil Asesmen yang telah di Interprestasi dapat dipergunakan dalam kepentingan ?*
0/1
Strategi dan Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling
0 of 5 points
Bimbingan konseling memiliki peranan yang sangat penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Beberapa kegiatan atau peran guru BK dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang dilakukan untuk mengukur kesejahteraan psikologi dan emosional peserta didik seperti aktivitas kegiatan belajar peserta didik di rumah, kondisi keluarga peserta didik, gaya belajar, karakter, dan minat yang dimiliki peserta didik. Untuk memberikan layanan ini, guru Bk dapat menggunakan strategi dan instrumen :*
0/1
Kegiatan layanan dilaksanakan melalui pemberian layanan orientasi dan informasi tentang berbagai hal yang dipandang bermanfaat bagi siswa. Layanan orientasi pada umumnya dilaksanakan pada awal pelajaran, yang diperuntukan bagi para siswa baru, sehingga memiliki pengetahuan yang utuh tentang sekolah yang dimasukinya. Kepada siswa diperkenalkan tentang berbagai hal yang terkait dengan sekolah, seperti : kurikulum, personel (pimpinan, para guru, dan staf administrasi), jadwal pelajaran, perpustakaan, laboratorium, tata-tertib sekolah, jurusan (untuk SLTA), kegiatan ekstrakurikuler, dan fasilitas sekolah lainnya*
0/1
Perbedaan mendasar kurikulum Merdeka dengan Kurikulum K13 adalah...*
0/1
Peran Guru BK dalam Kurikulum Merdeka diantaranya ....*
0/1
Berikut adalah langkah-langkah dalam layanan Peminatan pemilihan mata pelajaran pilihan. Urutan yang tepat adalah

1. Melakukan Evaluasi Diri
2. Melakukan Sosialisasi
3. menentukan teknis pemilihan (manual ataukah digital)
4. Menentukan organisasi pebelajaran (fixed class atau moving class.
5. Menentukan durasi pelaksanaan untuk keseluruhan proses pemilihan mata pelajaran tersebut
*
0/1

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter